IT TheChurch - шаблон joomla Авто
  1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Renstra

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1    LATAR BELAKANG

 

Sesuai dengan Undang – undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan pembangunan nasional dan Undang – undang Nomor 32 tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah Mengamanatkan Bahwa setiap Daerah diwajibkan untuk menyusun rencana Pembangunan Daerah untuk jangka panjang 20 Tahun ( RPJPD ), Rencana Pembangunan Daerah Jangka menengah 5 Tahun ( RPJMD ) dan Rencana Pembangunan Jangka Pendek 1 Tahun ( RKPD ).

Rencana pembangunan jangka menengah satuan kerja perangkat daerah yang disebut Renstra / SKPD adalah dokumen yang wajib dibuat oleh SKPD yang berpedoman kepada RPJM daerah yang memuat visi, misi pemilihan kepala daerah secara langsung.

Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Gianyar dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Gianyar Nomor 6 Tahun 2008 Tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Gianyar, Peraturan Bupati Nomor 29 Tahun 2008 tentang Uaraian Tugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Gianyar .

Berdasarkan ketentuan dan Peraturan Perundang - undangan tersebut Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Gianyar berdudukan sebagai Perangkat Daerah yang berada didaerah yang bertanggung jawab kepada Bupati / Kepala Daerah melalui Sekretaris Daerah.

Tugas Pokoknya adalah membantu Bupati Kepala Daerah dalam melaksanakan sebagian urusan rumah tangga daerah dalam bidang  Kebersihan dan Pertamanan.

Rencana Strategis Dinas Kebersihan dan Pertamanan  Kabupaten Gianyar merupakan dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah yang penyusunannya berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Gianyar guna mendukung pencapaian Visi Kabupaten Gianyar “Terwujudnya Gianyar Bagus Menuju Jagadhita” yang telah dituangkan dalam Misi pembangunan sebagai berikut :

 

·    Membangun pemerintahan yang bersih, responsif, berintegrasi, profesional dan berjiwa entrepreneur yang berorientasi pada pelayanan publik.


·    Menjadikan Gianyar yang bersih, hijau dan elok berdasarkan penerapan rencana tata ruang secara konsisten dan berwawasan lingkungan, sehingga dapat mewujudkan Gianyar yang alami dan terbebas dari masalah - masalah kependudukan, lingkungan dan sosial.

 

·    Menumbuhkan ethos dan sikap giat bekerja pada masyarakat dalam mengembangkan ekonomi kreatif dan usaha ekonomi kerakyatan yang berbasis pada produk unggulan daerah ( one village one product ), melatih dan mengusahakan modal bagi komponen masyarakat untuk menjadi entrepreneur.

 

·    Menumbuhkembangkan budaya masyarakat yang berbasis nilai-nilai kearifan lokal yang dapat menumbuhkan religiusitas, disiplin, kerja keras berorientasi pada prestasi, dengan meningkatkan peranan Desa Pakraman, Banjar, Subak dan Sekaa-sekaa serta institusi yang telah ada dalam menjaga adat, budaya dan agama.

 

·    Meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang kompetitif, berintegritas, professional dan berjiwa kewirausahaan (entrepreneurship) dengan mengimplementasikan wajib belajar 12 tahun, beasiswa bagi anak kurang mampu dan yang berprestasi sampai ke jenjang perguruan tinggi, meningkatkan kualitas, insentif dan renumerasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan, serta menjadikan ruang-ruang publik di desa sebagai rumah belajar.

Who's Online

We have 6 guests and no members online